ANALISIS EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK REKLAME DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kediri)

Authors

  • Nio Anggun Sripradita Program Studi S1 Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Abstract

Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan pendapatan yang berasal dari potensi daerah yang menjadi hak pemerintah daerah diperoleh dari pemungutan berdasarkan peraturan daerah sesuai peraturan perundang-undangan. Salah satu jenis pajak daerah yang memiliki potensi dalam meningkatkan penerimaan PAD salah satunya yaitu pajak reklame. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui laju pertumbuhan dan efektivitas pajak reklame & PAD serta kontribusi pajak reklame terhadap pajak daerah & kontribusi pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif sedangkan data yang digunakan berupa data kuantitatif yaitu berasal dari Laporan Target dan Realisasi Penerimaan Pendapatan Daerah tahun Anggaran 2008-2012 pada Dinas Pendapatan Daerah. Hasil dari penelitian ini yaitu pajak reklame di Kabupaten Kediri memiliki potensi yang cukup besar dibandingkan jenis pajak daerah lainnya. Rata-rata efektivitas penerimaan pajak reklame sebesar  111,02% dan rata-rata efektivitas PAD periode 2008-2012 sebesar 125,07%.  Rata-rata kontribusi pajak reklame terhadap pajak daerah pada periode 2008-2012 yaitu sebesar 3,12% dan kontribusi pajak reklame terhadap PAD periode tahun 2008-2012 sebesar 1,65%. Upaya yang dapat dilakukan Dinas Pendapatan Daerah yaitu  melakukan pendataan dan penjaringan pada reklame liar, sosialisasi langsung pada wajib pajak pengguna reklame, serta koordinasi dengan Kantor Pelayanan dan Perijinan Terpadu dan Satuan Polisi Pamong Praja. Kata Kunci : Pendapatan Asli Daerah, Pajak Daerah, Pajak Reklame, Laju Pertumbuhan, Efektivitas, Kontribusi

Downloads

Published

2014-04-17

Issue

Section

Articles