PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA ACCOUNT REPRESENTATIVE TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pare Kab. Kediri)

Authors

  • Firdausi Nuzula Program Studi S1 Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Abstract

The biggest source of national revenue is tax sector, General Directorate of Tax has performed tax reform by changing tax collection in to self assessment system and by establishing Account Representative at the paratama Tax Service Office. Research is aimed to understand the partial and simultaneous influences of Service Quality and Account Representative Performance on Taxpayer Compliance. Type of research is using quantitative approach. The sample used in this research is 100 respondents of personal taxpayers registered at the Pratama Tax Service Office of Pare in Kediri Regency. Data analysis technique includes descriptive analysis and inferential analysis. Result of research indicates that service quality variabel and Account Representative performance variable are simultaneous and partial influence to personal taxpayer compliance. Therefore, it can be named  that Account Representative who work at the Tax Service office of Pare in Regency shall maintain and improve their service quality and performance. Keywords : Tax Reform, Tax Collection System, Self Assessment System, Compliance, Personal Taxpayer ABSTRAK: Sumber penerimaan negara terbesar adalah dari sektor pajak, untuk meningkatkan penerimaan tersebut Direktorat Jenderal Pajak melakukan reformasi perpajakan dengan mengubah sistem pemungutan pajak menjadi self assessment system dan pembentukan Account Representetive di Kantor Pelayanan Pajak Pratama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel kualitas pelayanan dan kinerja Account Representative terhadap Kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pare Kab.Kediri. analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kinerja Account Representative berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Dengan demikian Account Representative yang ada di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pare Kab. Kediri mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerjanya. Kata Kunci : Reformasi Perpajakan, Sistem Pemungutan Pajak, Self Assessment System, Kepatuhan, Wajib Pajak Orang Pribadi

Published

2015-10-09

Issue

Section

Articles