PENGARUH RESPONSIVITAS PETUGAS PAJAK TERHADAP KEPUASAN DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Pada Wajib Pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Selatan)

Authors

  • Kadek Wiji Kusumawardani Program Studi S1 Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Abstract

The aimed of this research are to explain direct influence of responsiveness on tax payer satisfaction, describe direct influence of responsiveness on taxpayer compliance and define direct influence of taxpayer satisfaction on taxpayer compliance. This research is designed as an explanatory research with quantitative approach. The variables in this research are responsiveness, taxpayer satisfaction and taxpayer compliance. The subject of this research are tax payers of KPP Pratama Badung Selatan. Total sample in this research are 96 respondents taken with accidental sampling technique and collecting the data using questioner. The data is analyzed by descriptive analysis and path analysis. The result of this research shown that responsiveness has direct influence on tax payer satisfaction, responsiveness has indirect influence on tax payer compliance amd tax payer satisfaction has direct influence on tax payer compliance. Based on the results of this research, KPP Pratama Badung Selatan is suggested to increase their responsiveness in order to increase tax payer satisfaction and the tax payer compliance. Key words : Responsiveness, Tax Payer Satisfaction, Tax Payer Compliance. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini ialah guna menjelaskan pengaruh responsivitas petugas pajak terhadap kepuasan wajib pajak, pengaruh responsivitas petugas pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dan pengaruh kepuasan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif ialah jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini. Wajib pajak pada KPP Pratama Badung Selatan ialah populasi pada penelitian ini. Berdasarkan perhitungan rumus Slovin, maka didapat jumlah sampel sebanyak 96 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data dimana data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa responsivitas petugas pajak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wajib pajak, responsivitas petugas pajak berpengaruh secara tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dan kepuasan wajib pajak berpengaruh secara sigifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. KPP Pratama Badung Selatan diharapkan untuk meningkatkan responsivitas petugas pajak untuk meningkatkan kepuasan wajib pajak dan memicu kepatuhan wajib pajak. Kata kunci : Responsivitas, Kepuasan Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak

Published

2015-06-24

Issue

Section

Articles