PENGARUH JUMLAH PENDUDUK DAN JUMLAH INDUSTRI TERHADAP PENERIMAAN PAJAK REKLAME DAN EFEKNYA PADA PENERIMAAN PAJAK DAERAH (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang Periode Tahun 2000-2013)

Authors

  • Adhita Abdul Fatah Program Studi S1 Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Abstract

Malang current developments are very rapidly along with the proliferation of educational facilities, shopping centers, industrial companies and local businesses that grow in various corners of the city of Malang, which in turn requires a billboard media as a means to promote to be known to the public. This situation encourages the Government of Malang to explore the potential of Local Taxes huge billboard in order to increase the Local Tax Revenue. Determine the effect of population and the number of advertisement industry on tax revenue and its effect on local tax revenue is the goal of this research. This study uses secondary data time series 2000-2013 year quarter. This study found 14 for total populations and 56 sampels. This research using path analysis. Results of path analysis in this study shows that the Total Population influence positively and significantly to the Advertising Tax Revenue, Total industry adversely affect the Local Tax Revenue and Tax Revenue Advertising and significant positive effect on the Regional Tax acceptance. Keywords: Population, Total Industry, Tax, Advertisement Tax Revenue, Revenue Local Tax Abstrak Perkembangan Kota Malang saat ini sangat pesat seiring dengan menjamurnya tempat pendidikan, pusat perbelanjaan, perusahaan industri dan bisnis lokal yang tumbuh berkembang di berbagai sudut Kota Malang, yang pada akhirnya membutuhkan media reklame sebagai sarana untuk mempromosikan agar dapat dikenal masyarakat. Keadaan ini mendorong Pemerintah Kota Malang untuk menggali potensi Pajak Daerah yang besar di bidang reklame guna menambah Penerimaan Pajak Daerah. Mengetahui pengaruh jumlah penduduk dan jumlah industri terhadap penerimaan pajak reklame dan efeknya pada penerimaan pajak daerah merupakan tujuan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data sekunder runtun waktu kuartal tahun 2000-2013.Penelitian ini terdapat Jumlah populasi sebanyak 14 dan jumlah sampel sebanyak 56. Penelitian ini menggunakan Analisis jalur. Hasil analisis jalur dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Jumlah Penduduk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Penerimaan Pajak Reklame, Jumlah industri berpengaruh secara negatif terhadap Penerimaan Pajak Daerah, dan Penerimaan Pajak Reklame berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan Pajak Daerah. Kata Kunci : Jumlah Penduduk, Jumlah Industri, Pajak, Penerimaan Pajak Reklame, Penerimaan Pajak Daerah.

Published

2015-06-16

Issue

Section

Articles