PENGARUH PERAN ACCOUNT REPRESENTATIVE DAN FASILITAS PELAYANAN TERHADAP MORAL PERPAJAKAN DAN KEPATUHAN PAJAK (STUDI PADA WAJIB PAJAK BADAN DI KPP MADYA MALANG)

Authors

  • Chilmi Muhammad Suharto Program Studi S1 Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Abstract

Tax compliance is the main factor in increasing state revenues through tax sector. There are several factors that affect of tax compliance, but in this research the factors are chosen more to the psychological aspects of the taxpayer, because if the taxpayer constantly threatened with a law which would entrap them, then the taxpayer will be increasingly challenged to get through. Besides imposed on individual taxpayers and permanent establishments, taxes in Indonesia are also imposed on the corporate taxpayer. KPP Madya Malang is one of KPP that serves tax administration of the corporate taxpayer. For the sake of testing tax compliance of psychological aspects of taxpayer who registered in the KPP Madya Malang, the variable of Role of Account Representative and Facility Services, used as independent variable in this research, while Tax Morale is the intervening variable. The result of this research stated that directly variable of Role of Account Representative and Facility Services significantly affect to the variable of Tax Morale, and variable of Role of Account Representative, Facility Services and Tax Morale significantly affect to the variable of Tax Compliance. While inderectly variable of Role of Account Representative and Facility Service also affect to the Tax Compliance through variable of Tax Morale. Keywords: Role of Account Representative, Facility Services, Tax Morale, Tax Compliance. ABSTRAK Kepatuhan pajak merupakan faktor utama dalam meningkatkan pendapatan negara melalui sektor pajak. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi kepatuhan pajak, namun dalam penelitian ini faktor-faktor yang dipilih lebih kepada aspek psikologi wajib pajak, karena jika wajib pajak terus-menerus diancam dengan menggunakan hukum yang akan menjeratnya, maka wajib pajak akan semakin tertantang untuk menembusnya. Selain dikenakan terhadap wajib pajak orang pribadi dan bentuk usaha tetap, pajak di Indonesia juga dikenakan atas wajib pajak berbentuk badan. KPP Madya Malang merupakan salah satu KPP yang melayani administrasi perpajakan dari wajib pajak berbentuk badan. Demi menguji kepatuhan pajak dari aspek psikologi wajib pajak yang terdaftar di KPP Madya Malang, maka variabel Peran Account Representative dan Fasilitas Pelayanan kemudian digunakan sebagai variabel independen dalam penelitian ini, sedangkan variabel Moral Perpajakan adalah variabel intervening-nya. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa secara langsung variabel Peran Account Representative dan Fasilitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Moral Perpajakan, dan variabel Peran Account Representative, Fasilitas Pelayanan, dan Moral Perpajakan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepatuhan Pajak. Sementara secara tidak langsung variabel Peran Account Representativedan variabel Fasilitas Pelayanan juga berpengaruh terhadap Kepatuhan Pajak melalui Moral Perpajakan. Kata Kunci: Peran Account Representative, Fasilitas Pelayanan, Moral Perpajakan, Kepatuhan Pajak.

Published

2015-05-26

Issue

Section

Articles