PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (STUDI PADA WAJIB PAJAK BADAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA JEMBER)

Authors

  • Dias Kusuma Ning Dyah Program Studi S1 Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Abstract

The Directorate General of Taxation takes strategic steps in the effort to increase the state revenue, which is known as tax reform. Tax reform includes the renewal of tax legislations, the renewal of tax system, and to direct to tax compliance of tax payers in tax payment. The low tax compliance can be influenced by several factors, including lack of knowledge of tax and low quality of service of tax authorities. Kantor Pelayanan Pajak (Tax Service Office) Pratama Jember is one of the tax offices that have been implementing the systems of administration, service and have a good work situation, which exist throughout JemberRegency. This is a great potential to increase tax revenues in accordance with the targets to be achieved. This research is an explanatory research with quantitative approach. This research was intended to determine the effect of knowledge of tax and quality of service of tax authorities on tax compliance either simultaneously or partially. The results showed that knowledge of tax and quality of service of tax authorities had a significant effect on tax compliance either simultaneously or partially. Keywords: knowledge of tax, quality of service of tax authorities, tax compliance ABSTRAK Direktorat Jenderal Pajak menempuh langkah – langkah strategis dalam upaya meningkatkan penerimaan negara yang lebih dikenal dengan pembaharuan perpajakan atau reformasi perpajakan. Pembaharuan perpajakan meliputi pembaharuan perundang – undangan perpajakan, pembaharuan sistem perpajakan, dan untuk mengarahkan pada kepatuhan wajib pajak dalam hal melakukan pembayaran pajak. Rendahnya kepatuhan wajib pajak dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya ialah pengetahuan tentang perpajakan dan kualitas pelayanan fiskus yang masih rendah.  Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember merupakan salah satu kantor pelayanan pajak yang telah melakukan sistem administrasi, pelayanan, mempunyai situasi kerja yang baik, dan wilayah kerja luas di seluruh Kabupaten Jember. Hal tersebut merupakan potensi yang bagus untuk meningkatkan penerimaan pajak sesuai dengan target yang ingin dicapai. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan pajak dan kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak baik secara simultan maupun parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pajak dan kualitas pelayanan fiskus berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak secara simultan maupun parsial. Kata Kunci: pengetahuan pajak, kualitas pelayanan fiskus, kepatuhan pajak

Published

2015-05-19

Issue

Section

Articles